Cara Memulai Bisnis Dropship Tanpa Modal

Tantangan terbesar dalam membuka sebuah bisnis adalah modal. Hal inilah yang membuat orang mengurungkan niatnya untuk berwirausaha, meskipun mereka memiliki ide dan semangat yang tinggi. Tapi, itu dulu. Semenjak sistem dropship diperkenalkan, memulai sebuah bisnis menjadi lebih mudah. Dengan metode dropshipping ini, siapapun bisa membuka toko online. Tidak peduli apa pun latar belakang pendidikan, usia, jenis kelamin, dan sebagainya. Bahkan jika anda tidak memiliki uang untuk modal sekalipun, bukan lagi sebuah penghalang. Ingin tahu bagaimana cara memulai bisnis dropship tanpa modal? Baca sampai selesai, ya!

Baca juga: Mengapa Ibu Rumah Tangga Harus Memulai Bisnis Secara Dropship

Cara Memulai Bisnis Dropship Tanpa Modal

Buat Perencanaan Awal

Siapa bilang bisnis dropship tidak membutuhkan perencanaan atau business plan? Membuat perencanaan yang matang sebelum memulai bisnis merupakan hal yang penting, apapun jenis usaha anda. Hal ini akan membuat proses berjalan dengan lebih efektik dan efisien. Pun, bisa meminimalisir resiko kerugian. Apa saja yang harus anda masukan kedalam perencanaan awal ini?

Pertama, tentukan produk apa yang akan dijual dan target customer anda? Apakah anda akan menjual produk fashion, elektronik, dan sebagainya. Lakukanlah sebuah riset kecil dalam mencari produk apa yang paling banyak diminati orang atau yang sedang tren. Anda bisa mengunjungi market place ternama untuk mencari tahu mengenai hal ini. Misal, pada saat mengunjungi Bukalapak.com, anda bisa melihat bagian “Pencarian Populer” untuk melihat produk-produk yang sedang nge-hits. Alternatifnya, anda bisa juga menggunakan Google Trend.

Selanjutnya, pikirkan juga resiko-resiko yang mungkin dihadapi selama menjalankan bisnis ini beserta solusinya. Misal, bagaimana jika ada customer yang komplain, masalah pengembalian barang, dan sebagainya.

Cari Supplier Yang Tepat

Setelah memantapkan produk yang ingin dijual di toko online anda, sekarang saatnya mencari supplier. Bagaimana dan dimana mencari supplier yang tepat untuk bisnis dropship ini? Anda bisa mencari supplier lokal atau luar negeri. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Anda bisa menemukan supplier internasional melalui Aliexpress Dropshipping. Kelebihan pemasok dari luar ini antara lain, harga yang kompetitif dan model yang lebih bervariasi. Kekurangannya adalah pengiriman yang relatif lama, masalah komplain atau pengembalian barang yang bisa lebih merepotkan.

Supplier Lokal memiliki kelebihan terutama dalam hal komunikasi terkait pengiriman dan komplain dari customer. Sebaiknya carilah rekan bisnis dropship, dalam hal ini supplier, yang terpercaya, memiliki kualitas produk yang baik dan menawarkan harga termurah. Tanyakan pula kepada calon supplier mengenai kebijakan pengembalian barang dan komplain customer.

Buat Branding Toko Online

Branding image sebuah bisnis merupakan hal yang paling esensial. Dua bagian penting yang berkaitan dengan branding image ini adalah nama dan logo. Carilah nama toko online yang tidak terlalu panjang dan mudah diingat. Pastikan nama tersebut belum pernah ada yang menggunakannya, baik sebagai akun di berbagai media sosial maupun domain.

Setelah menentukan nama toko, buatlah logo perusahaan agar terlihat lebih profesional. Anda bisa membuat sendiri logo etrsebut secara gratis dengan menggunakan aplikasi pembuat logo, seperti Canva, Makr, dan lain-lain. Anda bisa mengganti logo ini dengan yang lebih bagus nanti, tetapi tidak untuk nama toko. Sebaiknya nama yang anda pilih tidak diganti lagi karena bisa mempengaruhi penjualan.

Buat Akun Di Medsos

Salah satu cara memulai bisnis dropship tanpa modal adalah dengan membuka toko online di berbagai media sosial. Sekarang ini medsos seperti Facebook dan Instagram, bukan lagi sekedar media untuk bersosialisasi dengan teman. Banyak pelaku bisnis memanfaatkan media sosial ini sebagai ajang mempromosikan produk dan jasa. Oleh karena itu, buatlah akun toko online anda di berbagai medsos. Pastikan anda membuat akun dengan nama, logo, dan informasi yang sama. Setelah itu, kelola akun-akun tersebut dengan baik dan konsisten.

Buat E-Commerce Gratis

Apabila anda ingin bisnis dropship ini terlihat lebih profesional, anda harus membuat sebuah situs dengan platform e-Commerce untuk toko anda. Membuat website bisa memerlukan modal yang tidak sedikit. Dari mulai membeli domain, hosting, dan jasa web developer. Namun, ada juga yang gratis. Beberapa platform e-Commerce yang menawarkan free trial. Sebagai contoh, Shopify. Cara membuatnya pun mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus. Shopify menawarkan free trial selama 14 hari. Saya rasa, 14 hari adalah waktu yang cukup untuk mendapatkan keuntungan dari toko online anda. Sehingga, anda bisa memperpanjang akun Shopify dari laba toko online anda tersebut. Tetapi, sebelum memulai free trial 14 hari ini, sebaiknya anda sudah benar-benar siap dengan segala strategi bisnis anda agar lebih efektif.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*