Bagaimana Sih Cara Mengatasi Udang Vaname Stres?

Ternyata, udang Vaname pun bisa mengalami stres. Seberapa buruk sih pengaruh stress terhadap budidaya udang ini? Masalah stres pada udang ini bisa menghambat pertumbuhannya, misalnya udang menjadi kerdil dan mudah terkena penyakit. Dampak paling buruk jika anda tidak segera mencari cara mengatasi udang Vaname stres ini adalah gagal panen. Tentu hal ini akan sangat merugikan anda sebagai pelaku budidaya udang Vaname.

Baca juga: 3 Hal Penting Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Budidaya Udang Vaname

Penyebab Udang Vaname Stres

Lalu, bagaimana udang bisa mengalami stres? Apa saja penyebabnya? Faktor umum penyebab stres pada udang Vaname adalah perubahan suhu dan perubahan pH tambak yang terlalu cepat.

Perubahan suhu yang terlalu ekstrim biasa terjadi pada pergantian musim. Sedangkan, perbahan kadar pH kolam bisa dilihat dari perubahan warna air yang terlalalu sering berganti.Misal, dalam satu hari terjadi perubahan warna air hingga 3 kali atau lebih. Air dalam tambak berubah dari warna kuning pada pagi hari, kemudian berganti hijau di siang hari, lalu berubah lagi menjadi biru, dan sebagainya.

Ciri-ciri udang stres bisa kita amati dari perilakunya, seperti lesu atau hiperaktif, kurang nafsu makan, rentan terkena penyakit, kesulitan moulting, atau pertumbuhan yang lambat. Segeralah cari cara mengatasi udang Vaname stres begitu anda menemukan ciri-ciri tersebut.

Cara Mengatasi Udang Vaname Stress

Seperti hal nya pada manusia dan hewan lainnya, stres bisa membuat sistem imum menurun. Ketika hal ini terjadi, tubuh akan mudah terserang penyakit. Berikut adalah beberapa cara mengatasi udang Vaname stres.

  1. Persiapkan tambak dengan baik dan benar sebelum anda menebar benih.
  2. Bersihkan dan ganti air tambak secara rutin.
  3. Perhatikan kualitas dan kuantitas pakan. Kekurangan pakan dalam tambak bisa membuat udang Vaname stres dan bersifat kanibal dengan memakan udang lainnya. Hindari juga memberikan pakan yang sudah berjamur.
  4. Selalu mengecek kondisi air kolam, baik dengan melihat warna air tambak hingga mengukur pH air.Anda bisa menggunakan alat ukur pH meter atau kertas lakmus. pH air yang nyaman untuk udang Vaname berkisar antara 7,5 – 8,5.  Apabila pH air di bawah nilai normal (bersifat asam), berikan kapur dolomit sesuai takaran. Sebaliknya, jika pH diatas nilai normal (basa), berikan pupuk urea yang mengandung nitrogen, fosfor, dan kalium.

Be the first to comment on "Bagaimana Sih Cara Mengatasi Udang Vaname Stres?"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*