Cara Menjadi Reseller Dropship (Tips Sukses)

Cara menjadi reseller dropship. Bayangkan anda membuka sebuah kedai makanan, tetapi tidak usah membeli bahan-bahan dan tidak perlu memasaknya. Anda hanya perlu fokus untuk mempromosikan toko dan produk saja. Hanya fokus bagaimana cara mendapatkan sebanyak mungkin customer untuk membeli produk yang anda jual. Itulah bisnis dropship. Anda bisa mengembangkan toko anda di rumah atau dimanapun anda suka, tanpa harus bolak-balik membeli barang stok, tidak perlu mengepak, dan tidak usah mengirim sendiri produk ke customer. Menarik, bukan? Bagaimana cara menjadi reseller dropship yang sukses? Tips berikut mungkin bisa membantu anda.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Dropship Di Tokopedia

Cara Menjadi Reseller Dropship (Tips Sukses)

Tentukan Produk

Sesuai passion

Anda bisa memilih satu jenis produk yang paling populer dan sesuai dengan passion. Memiliki ketertarikan terhadap produk yang akan dijual akan menambah nilai tambah bagi toko anda. Hal ini akan membuat anda lebih menguasai produk yang dijual, termasuk kelebihan dan kekurangannya. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mengkomunikasikan produk tersebut kepada customer. Akan lebih mudah pula bagi anda untuk melihat kebutuhan costumer terhadap toko atau produk tersebut dari sudut pandang mereka.

Pilih Produk Yang Evergreen

 Produk yang evergreen atau bisa juga kita sebut evergreen niche adalah produk yang akan terus dibutuhkan dan dicari oleh pasar. Sebagai contoh, produk makanan dan minuman, fashion, dan sebagainya. Kebalikannya adalah produk musiman yang sedang trending dan akan sangat jarang dicari orang ketika sudah tidak hits lagi. Misalnya, batu akik yang sempat booming beberapa waktu silam atau iPhone X yang baru launching.

Jika memilih produk musiman, maka toko anda mungkin hanya akan berkembang sesaat saja dengan grafik yang semakin menurun. Namun, dengan memilih produk yang evergreen, toko anda bisa terus berkembang dengan grafik yang naik.

Pertimbangkan Resiko dan Kendala

Ketika menentukan produk yang akan dijual, ada baiknya pertimbangkan juga mengenai resiko dan aturan pengiriman. Misal, anda sangat menyukai hal-hal yang berbau gadget dan ingin berjualan ponsel atau suku cadangnya, seperti baterai, LCD, dan sebagainya. Maka resiko dan kendala yang mungkin dihadapi terutama berkaitan dengan pengiriman, terutama jika supplier anda berasal dari luar negeri, seperti China. Anda kemungkinan tidak bisa mengirim baterai melalui jalur udara dan jika kualitas baterai tersebut tidak bagus atau rusak, proses pengembalian/penukaran barang bisa menyita banyak waktu dan tenaga. Sebagai alternatif, anda bisa memilih aksesoris smartphone yang lebih minim resiko dan cukup banyak pula peminatnya.

Spesifik

Pernahkan anda berbelanja di marketplace atau toko online? Bagaimana cara anda mencari barang yang diinginkan? Sebagai contoh, saya ingin membeli sebuah sepatu untuk kebutuhan berolah raga. Maka, saya akan mengetik kata kunci “sepatu olah raga wanita” atau “sepatu sport wanita murah” daripada hanya mengetik “sepatu” saja di kolom pencarian. Jika saya hanya menggunakan kata kunci “sepatu” saja, maka akan muncul sepatu pria, sepatu anak, sepatu formal wanita, dan lain-lain. Saya rasa kebanyakan customer akan menggunakan kata kunci yang lebih spesifik seperti saya.

Memilih produk yang lebih spesifik akan membuat toko anda memiliki ciri khas dan branding image yang kuat. Sehingga, ketika orang ingin mencari sepatu olah raga, toko anda bisa menjadi salah satu yang terlintas di pikiran mereka.

Tips Mencari Supplier Yang Tepat

Supplier Lokal Vs Luar Negeri

Sebenarnya ada banyak supplier atau produsen lokal yang bisa anda jadikan mitra bisnis dropship, tapi supplier luar juga memiliki kelebihan tersendiri. Supplier dari China, Taiwan dan Thailand, misalnya. Mereka menawarkan harga barang yang lebih murah dengan kualitas yang baik. Beberapa jenis memiliki varian yang unik dan tidak anda temukan pada produk lokal. Misalnya, beberapa peralatan dapur yang unik atau produk fashion dengan design menarik yang tidak anda temukan di produk lokal. Kekurangan dari pemasok luar negeri terutama dalam hal pengiriman (lebih lama dan lebih mahal) dan komunikasi.

Kekurangan dari pemasok lokal biasanya biaya produksi yang lebih mahal, jenis dan design yang kurang variatif. Tetapi, dalam hal komunikasi lebih mudah, terutama jika ada masalah komplain barang atau pengiriman. Anda juga bisa lebih mudah memverifikasi pemasok dengan mengunjungi kantor atau gudangnya, misalnya. Apalagi jika lokasi supplier lokal anda masih bisa dijangkau dengan mudah dari tempat tinggal anda.

Bagaimana Mencari Supplier Yang Tepat?

Mesin pencari seperti Google adalah tempat yang tepat untuk memulai pencarian. Yang anda butuhkan adalah kata kunci yang tepat. Jika ingin mencari supplier lokal, anda bisa tulis langsung kata kunci yang berkaitan. Selain itu, anda juga bisa menemukan mitra bisnis dropship yang menjual produk dengan harga sangat murah di berbagai marketplace, seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lainnya. Sedangkan, untuk mencari supplier luar negeri, anda bisa mencarinya melalui Alibaba, Aliexpress, IndianMart, dan sebagainya.

Tips:

  • Ada baiknya anda mengetes produk dari calon supplier dengan membeli satu produk.
  • Tes pula proses dropship yang mereka lakukan, apakah prosedurnya sesuai dan berjalan dengan baik.
  • Luangkan waktu untuk membaca beberapa review dari customer mereka.
  • Analisa bagaimana pelayanan mereka, baik sebelum melakukan pembelian ataupun setelahnya. Anda bisa berpura-pura menghubungi mereka mengenai kendala pengiriman atau salah kirim misalnya. Kemudian, analisa bagaimana cara mereka menanggapi hal tersebut.

Buat Branding

Tips sukses cara menjadi reseller dropship berikutnya adalah dengan memperkuat branding image. Bukan hanya asal membuat, tetapi membuat branding yang kurat.

  • Pertama, cari dan pilihlah sebuah nama yang menarik dan gampang diingat oleh customer.
  • Pastikan nama yang akan anda gunakan tersebut, belum pernah ada yang menggunakannya. Anda bisa mengeceknya melalui berbagai media sosial. Cek apakah akun lain yang menggunakannya atau tidak. Cek pula, apakah domain dengan nama tersebut tersedia atau tidak.
  • Bila nama tersebut sudah “aman” dan siap digunakan, buatlah semua akun media sosial dengan nama tersebut sebelum ada orang lain yang menggunakannya. Anda bisa mengembangkan isi akun tersebut nanti.
  • Jika memungkinkan beli segera domain dengan nama yang sama.
  • Setelah selesai dengan pemilihan nama, buatlah logo toko anda. Anda bisa menggunakan jasa freelancer untuk membuat logo dengan harga terjangkau atau membuat sendiri. Ada banyak aplikasi untuk membuat logo dengan mudah dan cepat, seperti Canva, Makr, Tailorbrands, dan masih banyak lagi.

Buat Website e-Commerce

Membuat website e-Commerce adalah salah satu cara menjadi reseller dropship yang sukses. Dengan memiliki webiste sendiri, toko anda terlihat profesional dan bisa meningkatkan kepercayaan customer terhadapnya. Salah satu cara customer mencari barang yang mereka butuhkan adalah melalui browser dengan mengetik kata kunci tersebut. Dengan mengoptimalkan website e-Commerce, anda bisa mendatangkan lalu lintas pengunjung yang sangat banyak dan berpotensi untuk menjadi customer anda.

Anda tidak harus memiliki latar belakang teknik komputer atau keahlian khusus untuk membuat sebuah website. Sekarang ada banyak layanan yang menawarkan kemudahan dalam hal tersebut, seperti Shopify, BigCommerce, Wix eCommerce, Weebly, dan lain-lain. Anda bisa membuat website e-Commerce unutk toko online anda dengan beberapa langkah mudah, murah, dan cepat dengan menggunakan layanan tersebut.

Tips Mendapatkan 10 Customer Pertama

Anda sudah menentukan jenis produk yang akan dijual, sudah menemukan supplier yang tepat, toko dan website e-Commerce pun sudah di set dengan sangat baik. Tantangan pertama anda, bagaimana mendapatkan 10 customer pertama. Toko anda masih baru dan belum ada review dari customer, bagaimana memulainya.

Iklan Berbayar

Cara yang tercepat adalah melalui iklan berbayar seperti Google Ads, Facebook Ads, Instagram, dan sebagainya. Cara ini cukup efektif juga karena anda bisa menentukan sendiri target pengguna yang anda inginkan berdasarkan jenis kelamin, umur, hobi, dan lainnya. Anda juga bisa menggunakan jasa endorse di Instagram.

Berikan Promo

Iklan toko anda akan mencapai banyak pengguna Internet, tetapi harus ada sesuatu yang membuat mereka tertarik untuk mengunjungkinya. Salah satunya adalah melalui promo. Ada banyak promo yang bisa digunakan, dari mulai diskon besar, beli satu gratis satu, atau undian berhadiah.

Misalnya, saat ini didunia kuliner sedang trend cara promosi tempat makan baru, yaitu dengan memberikan promo makan gratis sebanyak sejumlah porsi tertentu. Salah satu contoh promo yang bisa anda gunakan untuk menarik customer baru adalah undian gratis. Misal, “Dapatkan kesempatan mendapatkan produk gratis dari toko kami, dengan men-tag 5 orang teman mu di Instagram”.

Tingkatkan Pelayanan Toko

Sepuluh customer pertama bisa menjadi penentu bagaimana perkembangan toko anda selanjutnya, melalui review yang mereka berikan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memberikan pelayanan dan produk terbaik kepada mereka. Hal ini juga berhubungan dengan supplier sebagai mitra bisnis anda. Itulah sebabnya tahap pemilihan supplier adalah salah satu yang paling penting dari tips cara menjadi reseller dropship yang sukses.

Tips: Begitu barang diterima oleh customer atau selang beberapa hari setelahnya, anda bisa menghubungi mereka untuk menanyakan feedback atau review terhadap toko anda.

Itula tips cara menjadi reseller dropship yang sukses. Semoga bisa membantu dalam membangun bisnis dropship anda.

Be the first to comment on "Cara Menjadi Reseller Dropship (Tips Sukses)"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*