Ini Langkah Jitu Menjinakan Kucing Liar

www.blogeimie.com

MESKIPUN kucing terlihat lucu dan menggemaskan, namun jangan sampai Anda salah langkah dalam menjinakannya. Hewan ini merupakan karnivora yang andal dalam berburu dipersenjatai dengan cakar dan taring sehingga perlu waspada agar tak terluka. Jadi, sebenarnya bagaimana cara membuat kucing lebih bersahabat?

Sama seperti hewan yang kerap menggunakan insting, kucing juga memiliki naluri kuat. Mereka cenderung agresif bila dirasakan tanda-tanda bahaya di dekatnya. Keberadaan Anda di dekat kucing bagi mereka adalah sebuah ancaman, apalagi mereka masih liar atau belum familiar dengan manusia. Maka, perlu proses mendekatinya.

  1. Berikan makan secara rutin

Ini adalah langkah pertama medekati kucing. Bila Anda ingin merawat kucing liar, maka langkah pertama adalah memberikan mereka makan secara rutin di waktu yang sama setiap harinya. Secara tak langsung, hewan ini akan merasa ketergantungan dengan Anda. Berikanlah makan di luar rumah Anda, dengan sendirinya mereka akan datang.

www.tanyadokterhewan.com

Bila Anda memiliki waktu rutin memberikan makan, lama-kelamaan kucing akan selalu menunggu kehadiran Anda. Dengan cara ini, Anda memberi tahu mereka bahwa Anda ingin bersahabat dengan mereka dan tidak menimbulkan ancaman.

  1. Temani kucing makan

Mula-mula, saat diberikan makan, sebagian besar kucing akan mengambil makannya dan lari menjauhi lokasi Anda menaruh pakan tersebut. Namun, bila sudah terbiasa, mereka tak akan kemana-mana. Kucing merasa bahwa itu adalah jatah konsumsi mereka.

Coba pelan-pelan temani mereka saat makan. Anda bisa duduk atau berjongkok di dekat kucing. Tapi pada tahap ini, jangan dulu menyentuh mereka karena akan berbahaya bagi Anda bila kucing ini belum terbiasa dengan sentuhan manusia.Sekedar berdiam diri menemani kucing juga menunjukan kalau Anda bersahabat dan tak ingin mengusik mereka.

  1. Mulai sentuhan pelan-pelan

Kucing memiliki daya ingat yang kuat atas perlakuan terhadap mereka. Bila kucing sudah merasa nyaman dengan Anda maka mereka siap mendapat sentuhan. Berikan elusan yang lembut di bagian kepalanya. Kemudian coba garuk pelan di leher kucing. Ini menjadi titik sensitif mereka atas rasa kasih sayang dan perhatian.

Bila kucing sudah mau Anda sentuh, maka mulailah memberikan nama ke mereka. Panggilan tersebut harus diucapkan berulang-ulang agar mereka paham. Nantinya, setiap kali Anda berteriak memanggil mereka, kucing pasti datang karena secara insting mereka tahu akan ada makanan atau elusan untuk mereka.

www.petlouge.com

  1. Ajak kucing ke dalam rumah

Biasakan mereka untuk masuk ke dalam rumah Anda. Mulai berikan makan di rumah, siapkan fasilitas untuk kucing seperti tempat makan dan kandang. Bila malam, biarkan mereka masuk ke kandang yang tentunya nyaman bagi kucing. Misal, siapkan handuk atau kain lembut sebagai alas.

Bila mereka sudah mulai terbiasa dengan rutinitas tersebut. Mereka kucing sudah siap Anda pelihara. Tinggal bagaimana mendidik mereka dengan cara mengajaknya bermain, beritahu dimana tempat buang air dan biasakan kucing untuk mandi agar tetap bersih.

Be the first to comment on "Ini Langkah Jitu Menjinakan Kucing Liar"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*