Waspadai Distemper! Jangan Remehkan Ciri-ciri Anjing Flu

Distemper adalah salah satu penyakit yang cukup mematikan khususnya bagi anjing dan kucing. Banyak pemiliki anjing telat mendeteksi penyakit ini karena gejala awal yang mirip dengan flu anjing. Mengenali ciri-ciri anjing flu sedini mungkin sangat penting agar dapat diberikan penanganan yang cepat dan tepat.

Distemper disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernafasan, pencernaan, dan juga sistem saraf hewan. Virus ini dapat menyebar melalui udara, air liur, darah, dan kotoran. Sampai saat ini belum ada obat khusus untuk mengobati penyakit Distemper ini.

[Kata Dokter] Virus Mematikan itu Bernama Distemper Kucing

Ciri-Ciri Anjing Flu

Sama seperti manusia, anjing juga bisa terkena flu. Gejalanya pun mirip dengan flu pada manusia.

  • Bersin-bersin
  • Disertai batuk
  • Keluar cairan kental kuning kehijauan dari hidung
  • Sulit bernafas/sesak
  • Lemah dan lesu
  • Tidak nafsu makan

Gejala Distemper Pada Anjing

Pada mulanya mungkin anda akan mengira anjing kesayangan anda hanya mengalami flu biasa. Gejala awal Distemper memang hampir mirip dengan ciri-ciri anjing flu, seperti bersin, atuk, dan keluar cairan kental dari hidung anjing. Mata mereka juga biasanya belekan. Jika tidak segera ditangani, kemungkinan anjing anda bisa selamat semakin kecil. Penyakit ini menyerang sistem imun pada anjing anda, sehingga kita berburu dengan waktu.

Tahap selanjutnya, anjing anda akan mengalami demam, lesu, muntah, diare, dan tidak nafsu makan. Jika sudah tidak mau makan sama sekali walupun dipaksa, biasanya dokter hewan akan memberikan infusan.

Kapan Harus Menemui Dokter Hewan?

Sebaiknya jangan anggap remeh gejala flu pada anjing anda. Walaupun itu hanya flu biasa, tidak ada salahnya pemberikan penanganan dengan segera. Flu anjing juga membuat anjing anda merasa tidak nyaman. Apabila kemudian anjing anda memang terkena Distemper, jika ditangani dari awal, kemungkinan dia bertahan hidup lebih besar.

Cara Mencegah Distemper Pada Anjing

Distemper dapat dengan mudah menyerang anjing dengan sistem imun lemah. Anak anjing atau anjing yang tidak divaksinasi juga rentan terhadap penyakit mematikan ini. Untuk mencegah anjing anda terinfeksi Distemper, pastikan anda rutin memberikan vaksinasi dan menjaga lingkungannya tetap bersih. Berikan pula makanan dengan diet yang sesuai dengan usia dan jenisnya.

Penting!  Apabila salah satu anjing anda menunjukkan ciri-ciri anjing flu dan kemudian didiagnosa Distemper, sebaiknya segera bersihkan seluruh rumah dengan disinfektan. Jika perlu buang semua mainan, ganti tempat makan dan minumnya dengan yang baru, dan sebagainya. Hal ini untuk mencegah penularan pada anjing atau kucing yang tinggal di rumah anda. Masa inkubasi anjing yang terkena Distemper adalah 2 – 3 minggu.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*