3 Hal Penting Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Budidaya Udang Vaname

Udang Vaname memang bukan jenis udang asli dari Indonesia, namun saat ini banyak pelaku bisnis meliriknya sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Hal ini karena jenis udang yang berasal dari perairan benua Amerika ini dianggap lebih tahan penyakit daripada udang WIndu. Namun, untuk mendapatkan hasil yang optimal, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum budidaya udang Vaname ini.

Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Budidaya Udang Vaname

Perizinan

Sebelum memulai budidaya udang Vaname, hal pertama yang harus anda lakukan sebelum menentukan lokasi tambak adalah mengurus perizinan. Ada dua jenis perizinan yang setidaknya harus anda miliki, yaitu berkaitan dengan lokasi dan izin usaha.

Mengenai masalah perizinan lokasi tambak, anda bisa mengunjungi kantor desa/kelurahan atau kecamatan setempat. Pastikan lokasi pembuatan tambak untuk budidaya udang Vaname tidak bertentangan dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Selain itu, pelaku usaha budidaya udang juga wajib mengantongi Surat izin Usaha Perikanan (SIUP) atau memiliki Tanda Pencatatan Usaha Pembudidayaan Ikan (TPUPI). Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 49/Permen-KP/2014 .

Pemilihan Lokasi

Hal yang perlu dipersiapkan sebelum budidaya udang Vaname adalah pemilihan lokasi. Poin ini sangat penting untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

1. Pilihlah lokasi yang berdekatan dengan sumber air, seperti sungai atau laut. Namun, pastikan juga sumber air ini tidak tercemar.

2. Perhatikan tekstur tanah. Tekstur tanah yang paling baik untuk membuat tambak udang Vaname adalah liat berpasir (sekitar 20% liat) dan dapat menahan air.

3. Disekitar tambak harus terdapat green-belt atau jalur hijau seperti tanaman mangrove yang bisa mencegah pencemaran.

Persiapan Lahan

Ada empat tahap penting dalam mempersiapkan lahan untuk tambak udang Vaname ini.

1. Pengeringan, dengan menguras lahan dari air, hama dan ikan-ikan liar. Pengeringan ini dilakukan hingga tanah benar-benar kering hingga dasarnya terlihat retak-retak.

2. Tahap pengapuran yang bertujuan mematikan bakteri dan parasit, serta memperbaiki Ph tanah.

3. Pemupukan bisa dilakukan langsung ke dasar tanah tambak yang bertujuan untuk meningkatkan suplai makanan untuk udang Vaname.

4. Tahap penting keempat adalah pengisian air ke dalam tambak. Sebelum air dimasukan, sebaiknya dilakukan pegecekan kualitas air terlebih dahulu.

Penebaran Benih

Benih udang Vaname tidak langsung ditebarkan setelah air dimasukan ke dalam tambak. Tetapi, harus menunggu sekitar 2 minggu hingga plangton yang menjadi sumber makanan udang tersebut telah cukup banyak.

Be the first to comment on "3 Hal Penting Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Budidaya Udang Vaname"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*