Kamu Harus Tahu! Jenis Penyakit Penyebab Anjing Tidak Mau Makan

Sebagai pemilik anjing mungkin rasanya sudah tidak asing mengetahui bahwa anjing biasanya sering memakan makanan apapun dengan lahap tanpa pandang bulu. Namun tiba-tiba anjing terlihat tidak antusias seperti tidak memiliki sedikit pun nafsu makan pastinya membuat anda bingung bukan? Jika hal ini menimpa anjing kesayangan mungkin anda mesti lebih perhatian karena bisa saja anjing terjangkit jenis penyakit penyebab anjing tidak mau makan.

Apakah hilangnya nafsu makan yang dialami anjing berdampak negatif? Tentu saja, anjing yang kehilangan nafsu makan juga biasanya tidak ingin minum air bahkan bisa berpuasa sepanjang hari. Hal ini jelas dapat mempengaruhi kesehatan anjing karena kekurangan asupan makanan dan nutrisi menyebabkan penurunan berat badan secara drastis. Selain itu anjing juga dapat dehidrasi sehingga terlihat sangat lesu.

Penting! Obat Anjing Muntah dan Tidak Mau Makan

Jika anjing hanya tidak memiliki nafsu makan selama beberapa jam saja mungkin tidak membuat anda begitu khawatir. Beda lagi ceritanya jika anjing kehilangan nafsu makan hingga lebih dari 2 hari, dalam kasus ini sebaiknya segera periksa anjing kesayangan anda ke rumah sakit atau dokter hewan terdekat.

Lalu mengapa anjing dapat kehilangan nafsu makan? Apa penyebabnya? Anjing dapat kehilangan nafsu makan mulai dari jangka waktu pendek hingga kasus lebih parah selama berhari-hari disebabkan oleh faktor-faktor tertentu. Berikut ini adalah beberapa penyebab anjing tidak mau makan.

Psikologis

Faktor psikologis seperti stres bisa membuat anjing kehilangan nafsu makan. Stres juga merupakan salah satu faktor penyebab anjing tidak mau makan utama yang sering menimpa anjing peliharaan. Stres pada anjing dipicu oleh berbagai macam alasan misalnya seperti pindah ke tempat baru, adanya perubahan pada lingkungan tempat tinggalnya, pemilik baru, dan lain-lain.

Untuk mengatasi stres pada anjing bisa dilakukan oleh anda sendiri, misalnya melakukan jalan-jalan, bermain, hingga mengatur rutinitas sehari-hari. Setidaknya berikan kasih sayang lebih karena untuk dengan menghilangkan stres anjing terbukti mampu mengembalikan nafsu makannya.

Faktor kesehatan

Perlu diketahui bahwa beberapa penyakit yang menjangkit anjing anda bisa menimbulkan gejala kehilangan nafsu makan, diantaranya yaitu gangguan neurologis, masalah sistem pencernaan atau pernapasan, tulang, endokrin, autoimun, dan infeksi bakteri atau virus lainnya.

Sebenarnya jika penyebab anjing tidak mau makan berasal dari faktor kesehatan maka sebaiknya lakukan konsultasi ke dokter hewan. Pasalnya, penyakit dalam tubuh anjing seperti gangguan pencernaan atau terdapat masalah pada organ tubuhnya seperti ginjal atau hati tidak dapat kita identifikasi sendiri.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*