Kucing Dapat Menyebabkan Kemandulan Pada Manusia. Benarkah?

Kucing Dapat Menyebabkan Kemandulan

Kucing merupakan salah satu hewan imut dan paling banyak dipilih sebagai hewan peliharaan. Namun dibalik imutnya hewan peliharaan ini terdapat rumor bahwa kucing dapat menyebabkan kemandulan.Kebanyakan orang berpikir bahwa penyebab kemandulan tersebut berasal dari bulu kucing. Benarkah demikian ?

Diantara sekian banyaknya hewan peliharaan, kucing adalah hewan dengan tingkat kehigienisan sangat tinggi. Hal ini dapat ditegaskan oleh fakta bahwa kucing memiliki Lysozyme. Apa itu Lysozyme? Semacam enzim yang terdapatpada kucing berguna untuk membasmi bakteri dan kuman di permukaan kulit. Dengan kata lain kucing dapat dikatakan sebagai salah satu hewan dengan tingkat kemanan cukup tinggi karena kemungkinan terjadinya infeksi virus atau bakteri sangatlah rendah. Lalu mengapa kucing kerap disebut sebagai penyebab kemandulan?

Penting! Penangan kucing ketika sakit

Sebenarnya rumor kucing dapat menyebabkan kemandulan tidak sepenuhnya salah karena pada dasarnya kemandulan yang terjadi pada manusia dipicu oleh jenis parasit Toxoplasma. Parasit ini mampu bertahan hidup serta berkembang biak didalam tubuh kucing. Selain kucing, parasit Toxoplasma juga dapat ditemukan di beberapa hewan berdarah panas lain seperti kambing,anjing, ayam, tikus, sapi, dan lain-lain.

Jika berbagai jenis hewan bisa terjangkit parasit Toxoplasma, lantas kenapa hanya kucing saja yang dikenal luas sebagai penyebab kemandulan? Pada hewan lain Toxoplasma hanya berkembang biak dengan satu cara yaitu membelah diri atau aseksual, tapi pada tubuh kucing Toxoplasma bisa berkembang biak dengan dua cara yaitu aseksual dan seksual.

Tentunya ada penyebab bagaimana kucing terinfeksi Toxoplasma. Diantaranya adalah kucing terlalu sering memakan daging dalam keadaan mentah atau belum matang. Perlu diketahui bahwa kista Toxoplasma kemungkinan besar terkandung pada daging bila tidak dimasak hingga benar-benar matang. Jika daging yang belum matang serta mengandung kista Toxoplasma dimakan oleh kucing, maka parasit tersebut akan bereproduksi menghasilkan kista lebih banyak. Parasit ini nantinya akan dikeluarkan bersamaan dengan feses atau tinja. Oleh sebab itu, tingkat paling tinggi bagi manusia terjangkit kista Toxoplasma yaitu ketika membersihkan feses kucing. Terlepas dari itu, parasit ini juga bisa menjangkit manusia dengan cara lain seperti memakan daging yang belum matang dan tranfusi darah.

Resiko kucing peliharaan terjangkit parasit Toxoplasma tentunya dapat diminimalisir. berikut ini adalah sedikit tips nya:

Kebersihan
Hal yang paling sederhana dalam merawat kucing diantaranya yaitu kebersihan. Setidaknya selalu perhatikan tempat kucing membuang kotoran.

Pemberian Vaksin
Lakukan vaksin secara rutin agar kucing tidak mudah terkena penyakit, tidak terkecuali Toxoplasma.

Cuci Tangan
Keseringan menyentuh kucing juga meningkatkan resiko Toxoplasma, oleh sebab itu cuci tangan sebersih mungkin setelah bermain bersama kucing harus diperhatikan.

Be the first to comment on "Kucing Dapat Menyebabkan Kemandulan Pada Manusia. Benarkah?"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*