Ini 5 Solusi Basmi Kutu Anjing

www.marischkaprudence.blogspot.co.id

JANGAN pernah remehkan penyakit kutu anjing. Bila hewan peliharaan Anda mulai sering kali menggaruk-garuk tubuhnya, maka mulailah Anda curiga adanya parasit hinggap di sana. Salah satu jenis parasit yang kerap menyambangi anjing tersayang adalah caplak (tick) dan kutu (flea).

Meskipun keduanya agak berbeda, tapi sama-sama menghisap darah dan menularkan penyakit. Jangan biarkan, kedua parasit ini menjangkiti anjing Anda. Bahaya yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah anemia, infeksi kulit, bahkan mematikan hewan peliharaan Anda. Maka, berhati-hatilah.

Memandikan anjing memang menjadi salah satu solusinya. Ini tentu bisa mencegah anjing Anda terjangkit penyakit lantaran parasit-parasit tersebut. Namun, memandikan anjing lebih tepat sebagai upaya preventif, sedangkan untuk membasmi kutu atau caplak, cobalah 5 tips ini.

  1. Pakaikan bedak

Seperti bedak pada umumnya, bubuk ini ditaburi ke seluruh bagian tubuh anjing. Singkap dulu bulu anjing Anda, karena sebaiknya bedak bisa menyentuh juga bagian kulit.   Saat membalurkan bubuk halus ini, Anda harus berhati-hati, jangan sampai menyebabkan iritasi pada anjing Anda bila mereka menghirupnya. Salah satu caranya adalah memakaikan anjing Anda masker khusus.

  1. Semprot anti-kutu

Obat semprot memang lebih praktis penggunaannya dari pada bedak bubuk. Anda hanya perlu menyemprotkannya saja secara merata ke seluruh bagian tubuh anjing dan biarkan meresap ke kulit. Jangan basuh handuk, biarkan saja bulu-bulu anjing basah dan kering dengan sendirinya. Sama seperti beda, obat satu ini jangan sampai mengenai bagian wajah binatang peliharaan Anda.

  1. Obat konsentrat

Karena dalam bentuk konsentrat maka penggunaanya obat ini harus dilarutkan dulu ke dalam air. Baru setelah itu, Anda gosok caira obat ini ke seluruh tubuh anjing, seperti menggunakan shampo saat memandikannya. Namun karena dosis yang tinggi, sebaiknya Anda berkonsultasi dahulu ke dokter sebelum menggunakannya. Termasuk baca aturan pakai yang tercantum di labelnya.

  1. Kalung anjing khusus

Obat ini berbentuk kalung atau tick collar ditujukan untuk pencegahan agar caplak tidak menjalar hingga bagian leher dan kepala. Tapi, harus diingat kalau obat jenis ini mengandung bahan yang berbahaya untuk anjing, jadi minta saran dokter. Umumnya, direkomendasikan agar tak terlalu kencang memasangnya di leher anjing. Potong lebihan kalung agar tak digigit oleh anjing.

  1. Pengobatan secara oral

Pengobatan ini memang jauh lebih praktis. Bentuknya bisa seperti pil atau tablet. Anda tak perlu khawatir terhadap masalah iritasi karena adanya kontak anjing terhadap obat-obatan luar. Hanya saja, tetaplah berkonsultasi dengan dokter untuk resep dan dosis pemakaiannya.

Be the first to comment on "Ini 5 Solusi Basmi Kutu Anjing"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*