Penyebab Anjing Muntah dan Tidak Mau Makan yang Harus Dihindari

Kebanyakan orang mungkin merasa panik jika anjing peliharaan nya tiba-tiba muntah dan kehilangan nafsu makan. Sebenarnya terdapat banyak penyebab anjing muntah dan tidak mau makan misalnya makan terlalu cepat, memakan sesuatu yang tidak boleh dimakan, faktor kesehatan, dan lain sebagainya.

Apakah gejala muntah-muntah mengancam kehidupan anjing? Sebaliknya, anjing merupakan salah satu hewan yang memiliki mekanisme pertahanan yang cukup tinggi yaitu pusat perkembangan di otak yang memberikan perintah untuk muntah bila menelan sesuatu yang tidak boleh dimakan. Anjing pada umumnya memakan makanan yang mereka lihat, jika makanan tersebut tidak sesuai maka anjing akan mengeluarkannya lewat mulut atau muntah.

PENTING! Obat Anjing Muntah Dan Tidak Mau Makan

Lalu bagaimana dengan anjing muntah yang disertai hilangnya nafsu makan? Bila anjing kesayangan anda mengalami hal ini, mungkin anjing sedang dalam kondisi sakit dan harus diberi pertolongan terutama jika muntah yang dialami terjadi secara terus menerus. Dalam beberapa kasus bahkan anjing dapat mengalami muntah disertai darah.

Perlu diketahui bahwa muntah bukanlah sebuah penyakit melainkan sebuah mekanisme pertahanan tubuh atau gejala yang ditimbulkan oleh penyakit. Tanpa panjang lebar berikut ini adalah beberapa penyebab anjing muntah yang perlu diketahui :

Tingkat asam lambung tinggi
Bukan hanya manusia, anjing pun bisa muntah dikarenakan oleh tingkat asam lambung yang cukup tinggi. Muntah yang disebabkan oleh asam lambung biasanya berwarna kuning dan terjadi tak lama setelah selesai makan. Dalam hal ini, anda dapat merawat anjing dengan cara memberi makan lebih sering dengan takaran atau porsi lebih sedikit dari biasanya.

Alergi
Tentunya beberapa jenis anjing pun memiliki alergi terhadap makanan tertentu. Alergi ini biasanya menimbulkan berbagai macam gejala salah satunya adalah muntah, hidung berair disertai batuk, dan lain-lain.

Makan rumput
Anjing adalah hewan karnivora atau pemakan daging, namun tidak sedikit anjing yang memiliki kebiasaan memakan rumput. Sebenarnya hal ini bisa membuat anjing muntah jika rumput yang dimakan terlalu banyak.

Makan dan minum terlalu banyak
Pada umumnya makan serta minum terlalu banyak sering dialami oleh anak anjing. Hal ini dapat menyebabkan muntah tidak lama setelah selesai makan. Selain itu Makan atau minum terlalu cepat pun bisa membuat anjing muntah.

Memakan makanan manusia
Dalam hal ini tidak semua makanan manusia dapat menyebabkan muntah pada anjing. Makanan tinggi lemak, garam, dan gula berpotensi tinggi membuat anjing kesayangan muntah. Oleh sebab itu sebaiknya hindari pemberian makanan manusia yang mengandung lemak, garam, dan gula yang tinggi.

Penyakit
Muntah juga bisa menjadi gejala yang ditimbulkan oleh penyakit seperti canine parvovirus, kanker, pankreatitis, tumor, dan lain-lain. Terlepas dari hal tersebut, muntah juga bisa dipicu oleh infeksi bakteri.

Be the first to comment on "Penyebab Anjing Muntah dan Tidak Mau Makan yang Harus Dihindari"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*