Tips Bermanfaat! Cara Mengatasi Udang Vaname Berak Putih

Salah satu permasalahan dalam budidaya udang Vaname adalah berak putih atau white feces. Masalah ini umumnya ditemukan pada udang yang hidup di tambak atau kolam yang terbuat dari semen atau plastik. Sedangkan, pada tambak tanah, hal ini jarang terjadi. Dalam artikel ini, saya akan membahas cara mengatasi udang Vaname berak putih. Jika menemukan gejala dari penyakit white feces ini, sebaiknya anda segera bertindak, karena bisa menyebabkan kematian masal pada udang. Dan, itu berarti gagal panen.

Gejala Berak Putih Pada Udang Vaname

Bagaimana anda cara mengetahui gejala penyakit white feces pada udang Vaname? Anda bisa melihat dari bentuk fecesnya. Udang yang mengalami penyakit berak putih, bentuk feces nya akan terlihat kecil/ramping, berwarna putih, berbau, lengket, serta mengampang dipermukaan dalam jumlah banyak.

Pada gejala awal, aktifitas makan mereka normal. Namun, lama kelamaan nafsu makan mereka akan berkurang dan akhirnya tidak mau makan sama sekali.

Penyebab Udang Vaname Berak Putih

Sebelum kita membahas cara mengatasi udang Vaname berak putih, kita bahas sedikit mengenai penyebabnya. Dua faktor utama penyebab white feces ini adalah manajemen pakan yang buruk dan kualitas air tambak.

Pemberian pakan yang berlebihan bisa mengakibatkan penumpukan sisa pakan di dasar kolam. Apabila sisa makanan ini dibiarkan dalam waktu lama dan tidak terurai, bisa menyebabkan munculnya berbagai bakteri, parasit, protozoa, dan sebagainya. Ditambah lagi apabila tambak jarang dibersihkan dan sirkulasi air buruk. Pakan udang yang mengandung terlalu banyak mengandung antibiotic dan zat kimia lainnya yang berbahaya bagi liver bisa faktor munculnya penyakit berak putih.

Cara Mengatasi Udang Vaname Berak Putih

Apabila tambak terinfeksi penyakit white feces, langkah-langkah cara mengatasi udang Vaname berak putih berikut bisa membantu anda.

  1. Segera kurangi jumlah pakan atau hentikan pemberian makan selama satu hari.
  2.  Segera bersihkan kolam/tambak, ganti air, dan taburi dengan kapur dolomit pada malam hari.
  3. Gunakan tambahan aerator pada kolam.
  4. Berikan probiotics seperti bakteri lactobacillus sp dua kali sehari, selama 3 hari.
  5. Anda juga bisa menggunakan campuran bawang putih yang diblender (80 gram) dengan 150 ml air. Lalu, campurkan diatas pakan udang yang akan digunakan untuk makan satu hari.

Untuk pencegahan penyakit berak putih pada udang Vaname ini, sebaiknya selalu memperhatikan kualitas dan kuantitas pakan. Selain itu, bersihkan pula tambak secara rutin agar kualitas air selalu terjaga.

Be the first to comment on "Tips Bermanfaat! Cara Mengatasi Udang Vaname Berak Putih"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*